situs ridho1991
Language Center UIN Suska Riau Profil


Sejarah Singkat Pusat Pengembangan Bahasa

 

Pusat Pengembangan Bahasa pada awalnya diberi nama UBINSA (Unit Pembinaan Bahasa). Sejalan dengan rencana pengembangan IAIN menjadi UIN SUSKA Riau, pada tahun 2003 UBINSA berubah menjadi P3B Pusat Pengembangan dan Pelayanan Bahasa ). Dua tahun kemudian yakni pada tahun 2005 seiring dengan diterbitkannya Keputusan Presiden tentang perubahan dari IAIN menjadi UIN, maka Pusat Pengembangan dan Pelayanan Bahasa (P3B) merubah menjadi Pusat Bahasa (PB). Walaupun terjadi perubahan nama tersebut, fungsi PB tetap sebagai pusat pengembangan dan pelayanan bahasa (P3B), dengan Visi “Menjadikan Pusat Bahasa sebagai pusat utama pengembangan dan pelayanan bahasa yang selaras dengan ajaran Islam secara integral dikawasan Asia Tenggara. Sesuai dengan Visinya tersebut PB berperan sebagai Pusat Bahasa dipercaya untuk menjalankan pengembangan dan pelayanan bahasa asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris); dan perkuliahan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris non jurusan dilaksanakan oleh Pusat Bahasa (2003-2018). Seiring perkembangan UIN SUSKA Riau yang pesat pada saat ini, PB menyesuaikan visinya sesuai dengan visi UIN SUSKA Riau.



Visi dan Misi Pusat Bahasa

 

 

Sejalan dengan visi UIN SUSKA Riau tahun 2023 untuk menjadi ”World Class University, Pusat Bahasa UIN SUSKA Riau memiliki visi untuk mendukung tercapainya visi UIN SUSKA Riau tahun 2023 tersebut, yaitu Mewujudkan Pusat Bahasa sebagai Pusat Pengembangan dan Pelayanan Bahasa (P3B) dalam rangka UIN SUSKA Riau menuju World Class University . Untuk mencapai Visi tersebut, Pusat Bahasa menyusun langkah-langkah operasional (Misi) antara lain:
 

 

  • Membuat dan mengimplementasikan sasaran, tujuan, kebijakan dan prosedur operasional pengembangan dan pelayanan bahasa (Bahasa Arab, Inggris, dan Bahasa Indonesia khususnya bagi mahasiswa International).
  • Merencanakan/menyusun, mereview dan mengevaluasi kebutuhan dan pengelolaan sumberdaya P3B.
  • Merancang, membuat dan mengelola organisasi P3B dan penugasan yang berkaitan dengan aktivitas pengembangan dan pelayanan bahasa.
  • Mengelola dana pengembangan dan pelayanan bahasa dan menganalisis efisiensi dan efektivitas penggunaan dana tersebut.
  • Bekerjasama dengan pihak-pihak internal dan eksternal UIN SUSKA Riau dalam pengembangan dan pelayanan bahasa.
  • Menyusun rencana pengembangan aset yang bersumber dari kegiatan akademik dan nonakademik untuk pengembangan dan pelayanan bahasa.



Tujuan dan Fungsi

 

 

Tujuan Pusat Bahasa UIN SUSKA Riau adalah mewujudkan Pengembangan dan Pelayananan Bahasa bagi masyarakat kampus (mahasiswa, dosen dan staf UIN SUSKA Riau) dan masyarakat luas. Fungsi Pusat Bahasa dipertegas dengan terbitnya peraturan akademik pasal 17 yang berbunyi sebagai berikut:
 
  • Program bahasa dikelola oleh Pusat Bahasa Universitas;
  • Program bahasa terdiri atas tingkat dasar (elementary), tingkat menengah (intermediate) dan tingkat lanjut (advanced);
  • Setiap mahasiswa baru diwajibkan mengikuti program bahasa sampai ke tingkat lanjut dalam masa 2 (dua) semester di Ma’had ‘Aliy;
  • Mahasiswa yang telah menguasai bahasa pada tingkat tertentu atau seluruh tingkat yang ditunjukkan dengan hasil tes dan/atau sertifikat tidak diwajibkan lagi mengikuti program bahasa pada tingkat tersebut;
  • Setiap mahasiswa wajib menggunakan Bahasa Arab dan/atau Bahasa Inggris dalam berkomunikasi di Ma’had ‘Aliy;
  • Mahasiswa wajib memiliki skor TOEFL minimal 400 untuk S1, 450 untuk S2 dan 475 untuk S3 sebagai prasyarat untuk mengikuti munaqasyah;
  • Mahasiswa wajib memiliki skor TOAFL minimal 350 untuk S1, 400 untuk S2 dan 450 untuk S3 sebagai prasyarat untuk mengikuti munaqasyah.
  • Divisi/Tim Pengembangan dan Pengawasan Pembelajaran

Struktur organisasi
Pusat Pengembangan bahasa UIN SUSKA RIAU menyusun bagan struktur organisasi yang terdiri dari :