Home / News / PBI UIN Suska Riau Tuan Rumah The 3rd ELITE Konferensi Internasional 2016
IMG_3922-660x330

PBI UIN Suska Riau Tuan Rumah The 3rd ELITE Konferensi Internasional 2016

Sabtu (9/1/2016), kemeriahan tampak menyeruak dari ruang Aditorium lantai II, Gedung Islamic Center Kampus UIN Suska Riau, Jl HR. Soebrantas, Panam, Pekanbaru. Gemuruh bunyi alat tradisional Kompang, disusul alunan musik dan rentak tarian Melayu menyatu harmoni seiring tepuk tangan para Hadirin. Pagi itu, jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska Riau, tengah menggelar hajatan besar. Sebagai tuan rumah upacara pembukaan The 3rd ELITE Konferensi Internasional 2016, selama dua hari.

ELITE sendiri merupakan singkatan dari English, Literature, and Education yang merupakan Asosiasi jurusan-jurusan PBI PTAIN se Indonesia. Dalam kiprahnya ELITE dikenal sebagai Asosiasi yangbergiat dalam pengembangan kurikulum guru Bahasa Inggris, dan Intruksi untuk kualitas Bahasa Inggris, sastra dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Setelah dibentuk tiga tahun lalu, Elite selalu konsisten menggelar seminar Internasional setiap tahunnya. Kini giliran PBI, FTK UIN Suska Riau yang jadi tuan rumah. Adapun tema yang diangkat kali ini menyangkut “Developing curriculum, teacher and instruction for quality English, literature and educations”. Ratusan peserta yang sebagian tampak warga Negara kulit putih, tampak antusias mengikuti pembahasan-pembahasan yang disampaikan dalam bahasa Inggris.

Seminar Internasional ini menghadirkan narasumber, Prof Natalie Kuhlman PhD dari San Diego State University, Amerika Serikat, dengan pembahasan terkait Creating Change with a Standards Based English Teacher Preparation Program and Using Rubies in standards-based English Teacher Preparation Program. Juga ketua Regional English Language Of fice (RELO) Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, Jennifer Uhier yang membahas tentang professional development oppurtunities from the Regional English Laguage Office. Selain itu, juga dari San Jose State University Amerika Serikat, Fabio de Oliviera Coelho PhD yang juga beberapa waktu yang lalu mengajar di PBI UIN Suska Riau, dengan pembahasan terkait Teacher as Curriculum Developers.

Dalam seminar Internasional yang dibuka langsung rector UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami, MA ini, juga turut hadir Direktur Pendidikan Tinggi Agama Islam (Dirjen Pendis) Kementrian Agama, Prof Dr Amsal Bakhtiar, MA. Ketua Pembina ELITE yang juga Rektor UIN Malang, Prof Dr H Mudjia Raharjo, MSi. Ketua Umum ELITE, Dr Hj Like Raskova Oktaberlina, Med dan Wakil Ketua Assosiasi ELITE wilayah Riau yang juga dosen UIN Suska Riau, Dr Abdul Hadi, MA. Selain itu dari kalangan Pemerintahan tampak hadir Wako Pekanbaru diwakili Asisten Bidang Administrasi dan Pembangunan, Ir Dedi Gusriadi, MT, Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru, Prof Dr H Zulfadil dan kepala Kanwil Kemenag Riau, Drs H Tarmizi Tohor, MA.

Dalam sambutannya pada acara Pembukaan, ketua jurusan PBI UIN Suska Riau, Drs H Syafi’I S, Mpd mengungkapkan, dalam konfrensi ketiga ini dihadiri oleh lebih 600 peserta dari dalam dan luar negeri, termasuk perwakilan ELITE dari berbagai PTAIN di Indonesia. Konferensi ini merupakan bagian dari upaya mningkatkan kualitas dosen dan guru. Diharapkan, dapat melahirkan karya penilitian dan jurnal dari para dosen PBI tambah Syafi’i.

Sementara itu, Dekan FTK UIN Suska Riau, Dr. Mas’ud Zein, MPd mengungkapkan, konfrensi ini sejatinya dilaksanakan tiga bulan lalu, namun karena kendala kabut asap baru bisa digelar sekarang. “akan tetapi hal ini tak mengurangi minat peserta” ungkap Mas’ud. Untuk itu pada kesempatan tersebut Mas’ud juga mnyampaikan terimkasih pada pihak-pihak yang telah bekerja keras dalam menyukseskan acara tersebut.

Dirjen Pendis, Prof Dr Amsal Bakhtiar, MA dalam sambutannya mengungkapkan, apresiasi terhadap kegiatan ini. “ kita sangat mendukung, sebab kegiatan ini sangat sesuai dengan program di kementrian agama” ujar Amsal Bakhtiar. Kedepan, Amsal Bakhtar berharap kegiatan ini tak hanya bagi kalangan terbatas, namun bisa lebih luas lagi.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Umum ELITE, Dr Hj Like Raskova Oktaberlina, Med mengungkapkan, diusia ELITE yang baru tiga tahun, dengan semangat kebersamaan telah melakukan berbagai gebrakan dibidangnya. Dengan tiga kali menyelenggarakan konfrensi Internasional, dengan 360 presenter. Selain itu meski dengan cara swadaya, ELITE juga telah berhasil melakukan pembahasan standar kurikulum bahasa Inggris untuk PTAIN se Indonesia.

Semantara itu Walikota Pekanbaru yang diwakili Setko Asisten Bidang Administrasi dan Pembangunan, Ir Dedi Gusriadi, MT mengungkapkan, kegiatan ini sejalan dengan prioritas utama Pemko Pekanbaru dalam peningkatan SDM terutama dibidang pendidikan. “untuk itu sejak awal kita berupaya untuk berkomitmen memberikan bantuan, meskipun mungkin barangkali belum maksimal” ungkap Dedi Gusriadi.

Dalam sambutannya saat membuka acara, Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami, MA mengungkapkan, rasa bangga terhadap kegiatan tersebut. “peningkatan kualitas dosen dan guru, memang harus senantiasa menjadi prioritas utama. Karena guru dan dosen merupakan aktor utama dalam reformasi pendidikan dalam kurikulum yang lebih baik dan maju” ungkap Munzir.

About flanoids

Check Also

b

Pengumuman hasil seleksi dokumen: English Summer Program 2016

No. Nama Jabatan Unit Kerja/Fakultas 1 Abas Wismoyo Hermawan Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi 2 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by moviekillers.com